BEI Targetkan 30 IPO Tahun Depan

Jakarta -PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan ada 30 perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana (intial public offering/IPO) di 2014. Tahun ini sudah 25 perusahaan baru melantai di bursa, 12 lagi masih antre masuk.

"Tahun 2014 kita targetkan 30. Dari mereka yang mendaftar bukan kita yang menentukan," ujar Friderica Widyasari Dewi, Direktur BEI kepada wartawan di sela acara Investor Summit and capital Market Expo 2013 di Grand City Surabaya, Kamis (31/10/2013).


Ia menerangkan, BEI hanya melakukan sosialisasi terhadap perusahaan yang akan menggelar IPO. Menurutnya, sosialisasi perlu dilakukan sejak dini.


"Tergantung perusahaannya siap atau nggak. Kita hanya melakukan sosialisasi saja, karena daftar tahun ini belum tentu tahun ini bisa masuk. Mungkin bisa 3-4 tahun lagi ke depan," tuturnya.


Tahun ini BEI menargetkan 30 perusahaan untuk IPO. Namun baru terealisasi 25 perusahaan. Namun, masih ada 12 perusahaan lagi yang antre untuk IPO.


"Dari 12 yang antre, ada sekitar 5 perusahaan yang sudah siap," tandasnya sambil menambahkan, sampai saat ini sudah tercatat 479 emiten yang sahamnya bisa diperdagangkan di lantai bursa.


"Kalau emiten itu lebih rumit, karena ini keputusannya satu kali dalam seumur hidup perusahaan. Apalagi kalau itu perusahaan keluarga, yang biasanya pengelolaan keuangannya tidak rapi," jelasnya.


(roi/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!