Chatib Basri Lantik Daeng M. Nazier Jadi Ketua Komisi Pengawas Perpajakan

Jakarta -Hari ini Menteri Keuangan Chatib Basri hari ini melantik 5 orang komisioner Komite Pengawas Perpajakan. Daeng M. Nazier dilantik sebagai Ketua merangkap Anggota Komite Pengawas Perpajakan.

Nazier merupakan mantan Kepala Badan Informasi dan Teknologi Kementerian Keuangan dan Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Hubungan Ekonomi Internasional.


Chatib mengatakan, komite pengawas perpajakan merupakan komite non struktural yang bertugas membantu Menteri Keuangan, dan bersifat mandiri dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas instansi perpajakan.


"Direktorat Jenderal Pajak harus terus meningkatkan tata kelola yang baik dan diharapkan komite pengawas mengawal pengawasan itu. Saya ingin menekankan tinggal 2 bulan tersisa," ujar Chatib saat acara Pelantikan Komite Pengawasan Perpajakan di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (1/11/2013).


Chatib menyebutkan pengawasan yang dilaksanakan oleh komite pengawasan perpajakan meliputi semua kegiatan pengamatan, pengumpulan informasi, dan penerimaan pengaduan masyarakat.


"Dalam melaksanakan tugas pengawasan, komite pengawasan perpajakan juga nelakukan pengkajian dan memberikan saran atau masukan yang diperlukan," ujar dia.


Di samping itu, Komite Pengawas Perpajakan juga perlu mengawasi Direktorat Jenderal Pajak untuk mengejar target penerimaan pajak tahun ini.Next


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!