Ini Manfaat Perubahan 1 Lot Hanya Jadi 100 Saham

Nusa Dua -Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memberlakukan satu lot setara 100 lembar saham mulai 6 Januari 2014. Saat ini satu lot masih setara dengan 500 lembar saham. Perubahan tersebut termasuk perubahan fraksi dan kelompok harga.

Apa manfaat adanya perubahan tersebut?


Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota BEI Samsul Hidayat mengatakan, perubahan dilakukan untuk menjaring banyak investor ritel masuk ke pasar modal. Dengan pemberlakuan perubahan satuan lot saham lebih sedikit dari 500 menjadi 100, memungkinkan para investor ritel bisa ikut berinvestasi di pasar modal karena harga saham jauh lebih murah.


"Sebelum efektif 6 Januari 2014 nanti akan ada testing di pertengahan Desember 2013. Ini salah satu tujuannya agar tercapainya investor yang punya dana minimal bisa ikut masuk pasar modal," kata Samsul saat acara Workshop Wartawan Pasar Modal 2013 dengan tema ‘Pasar Modal Syariah,’ di The Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Minggu (3/11/2013).


Samsul menyebutkan, dengan perubahan satuan lot saham, fraksi dan kelompok harga, investor bisa lebih banyak alternatif pilihan harga yang dapat ditransaksikan dan mengurangi biaya transaksi. Selain itu, ketentuan ini dapat meningkatkan potensi terjadinya transaksi dan menurunkan antrean order.


"Antrean order yang panjang pada satu tingkatan harga efek dapat menghambat likuiditas," kata Samsul.


Selain itu, untuk ketentuan yg baru ini, maksimum volume order bisa dilakukan sebanyak 50 ribu lot dari sebelumnya yang hanya 10 ribu lot. "Maksimum volume order tadinya 10 ribu lot, sekarang 50 ribu lot jadi lebih banyak karena 1 lot 100 lembar," kata dia.Next


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!