Pilot Merpati Ramai-ramai Mogok Terbang, Ada Apa?

Jakarta -Pilot PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati) yang tergabung dalam Asosiasi Pilot Merpati melakukan mogok terbang.

Ketua Umum Asosiasi Pilot Merpati Capt Rd. Sardjito dan Sekjen Capt Aditya Priojuwono dalam pernyataan tertulisnya menjelaskan tidak melakukan tugas penerbangan terhitung sejak hari ini Jumat (1/11/2013).


Hal ini dikarenakan kebijakan manajemen Merpati yang mencicil gaji para karyawan.


"Tertanggal 31 Oktober 2013. Berdasarkan Reff Surat Edaran dengan No. SE/DF/47/X/2013 di mana hak-hak pilot belum terbayarkan 100% sampai tanggal 31 Oktober 2013, maka seluruh pilot MZ (kode penerbangan Merpati) menyatakan sikap tetap tidak akan melakukan tugas terbang dimulai pada tanggal 1 November 2013 dengan alasan hazard bagi keselamatan jiwa manusia dan sesuai dengan Reff Risk Asessment dari Aviation Safety, Security & Quality tertanggal 25 Oktober 2013," demikian pernyataan tersebut.


Info di dalam Merpati yang didapatkan detikFinance mengatakan, sebenarnya kebijakan cicil gaji ini sudah berlangsung hampir setahun sejak dari zaman Dirut Rudi Setyopurnomo, namun diherankan mengapa justru baru sekarang pilot-pilot menyatakan tidak terbang.


"Kasihan juga sih manajemen yang sekarang," bisik seorang sumber saat ini.


Direktur Utama Merpati, Capt Asep Ekanugraha yang dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya menyebutkan tidak semua pilot mogok. Sehingga operasional Merpati tidak terganggu keseluruhannya.Next


(dru/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!