Bos Fashion Swedia Pemilik 3.000 Toko Siap Jualan di Indonesia

Jakarta - Pemilik merek fesyen Hennes & Mauritz AB (H&M) asal Swedia bersiap memasarkan produknya di Indonesia dengan membuka toko pertamanya di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan. Toko seluas 2.400 meter persegi ini akan dibuka pada 5 Oktober 2013.

Dengan mengusung konsep “Stylish and Affordable Fashion at a Best Price,” H&M akan menampilkan fesyen untuk seluruh keluarga, termasuk high fashion untuk pria, wanita, anak muda, dan anak-anak.


Managing Director & Chief Executive Officer H&M Karl Johan Persson mendapat kesempatan untuk bercerita mengenai ekspansi bisnis perusahaannya itu kepada detikFinance awal pekan ini.


Ia bercerita banyak hal, mulai dari alasan membuka toko di Indonesia sampai rencana ekspansi berikutnya. Berikut petikan wawancaranya:


Sejarah terbentuknya H&M?

H&M mulai didirikan oleh kakek saya di tahun 1947 di sebuah kota kecil di Swedia. Kakek saya berkeliling dunia ingin mendapatkan beberapa inspirasi untuk menemukan bisnis baru dan kemudian ia menemukan beberapa inspirasi di AS untuk menjual pakaian wanita dengan harga yang baik, dan itulah bagaimana kita memulai bisnis ini. Dan banyak hal yang ia mulai dari situ, kami ingin memiliki semangat kewirausahaan di perusahaan.


Mengapa Anda memilih Indonesia?

Ya ini adalah toko pertama. Kami memiliki 3 toko yang akan dibuka di sini. Yang ini (Gandaria City), kemudian Pondok Indah akan buka minggu depan dan Grand Indonesia akan buka pada bulan Maret. Alasan mengapa kami membuka di sini karena pasarnya sangat menarik, penduduknya banyak lebih dari 200 juta orang, ini salah satu negara terbesar di dunia, dan ekonominya tumbuh, fashion tinggi, kami melihat banyak mode yang berbeda di sini dan kami menawarkan fashion untuk semua orang. Saya pikir ini kolaborasi yang baik antara konsumen Indonesia dan apa yang ditawarkan H&M.


Kondisi ekonomi global bahkan ekonomi Indonesia yang tidak stabil, apakah itu mempengaruhi bisnis Anda dan bagaimana Anda menghadapi itu?

Sejak tahun 1994, kami mengalami ekonomi sulit selama bertahun-tahun. Kami cukup tangguh, jadi kami telah berhasil melewati itu. Tentu saja kami lebih baik lagi. Kami ingin hadir di Indonesia selama bertahun-tahun. Hal ini tidak hanya untuk tahun yang baik saja, kami merencanakan akan membangun ratusan toko.Next


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!