Kadin Prediksi Pemerintahan AS Tutup Selama 2 Pekan

Nusa Dua - Penutupan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang tengah terjadi mulai memperlihatkan dampak yang serius. Salah satunya adalah beberapa agenda perjalanan Barack Obama ke luar negeri terpaksa dibatalkan.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto optimistis kondisi tersebut tidak akan berlangsung lama. Ia menilai AS pasti dengan cepat akan mencari solusi.


"Saya kira tidak akan berlangsung lama, paling juga dua minggu kemudian akan dibuka," ujar Suryo saat di Hotel Countyard Marriot, Nusa Dua, Bali, Jumat (4/10/2013)


Keyakinan SBS tersebut berdasarkan dengan yang pernah terjadi sebelumnya. Menurutnya AS memiliki pengalaman yang matang, karena telah 17 kali mengahadapi kondisi tersebut.


"Kita tunggu saja, semoga tidak berlarut-larut," ucapnya


Terkait dengan ekspor dari Indonesia ke AS, menurutnya juga tidak perlu dikhawatirkan. Meskipun AS merupakan negara tujuan ketiga dari total ekspor Indonesia, namun dampaknya tidak akan terlalu besar.


"Kan kita masih banyak untuk ekspor-ekspor ke negara lain. Jadi pengaruhnya kecil lah," kata SBS.


(mkl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!