Cerita Bos BUMN Minyak Goreng China yang Masih Bergantung Pada Indonesia

Jimbaran - Siapa sangka, ternyata China masih bergantung juga kepada Indonesia, khususnya untuk pasokan bahan baku industrinya. Contoh saja minyak goreng, sampai saat ini, China masih bergantung pada Indonesia sebagai pemasok minyak sawit (CPO).

Direktur Utama COFCO Frank Gaoning Ning mengatakan, perdagangan CPO dari Indonesia ke China dimulai sejak dibukanya perdagangan bebas Asia (AFTA). Hingga saat ini, COFCO masih terus mengimpor CPO dari Indonesia. COFCO merupakan BUMN China produsen bahan makanan dan minyak goreng.


"China selama ini impor CPO dari Indonesia. China sangat bergantung," ujarnya dalam diskusi perdagangan dan investasi pada rangkaian kegiatan KTT APEC di Hotel Ayana, Jimbaran, Bali, Sabtu (5/10/2013).


Frank menuturkan, perdagangan Indonesia-China sejauh ini berjalan cukup rapi. Bahkan tidak hanya untuk CPO, namun juga untuk barang-barang lainnya.


"Kita lihat dari sejarah China dengan Indonesia. Kita lihat selalu ada hubungan yang baik," ucapnya.


Pada 2014, China akan menjadi tuan rumah pertemuan ABAC. Ia berharap perdagangan bebas semakin digiatkan dalam agenda selanjutnya.


"Perdagangan, investasi dan hasil dari agenda ini akan menjadi fokus ke depan," pungkas Frank.