Meski Tanpa Obama, KTT APEC 2013 Tetap Berjalan Baik

Nusa Dua - Pihak panitia KTT APEC 2013 tetap optimistis dengan jalannya konferensi termasuk hasil yang akan didapatkan meski tanpa kehadiran Presiden AS Barack Obama. Berkaca dari KTT Vladivostok 2012, hal itu sangat mungkin terjadi.

"Obama juga tidak datang di KTT Vladivostok namun hasil KTT sangat bagus. Kami meyakini, meski tanpa Obama diskusi akan tetap berjalan dengan sangat baik," ujar Wakil Ketua Panitia KTT APEC Chairul Tanjung (CT) dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Jumat (4/10/2013).


Di KTT Vladivostok yang digelar pada 9-10 September 2012 lalu, Obama tidak hadir dan mengirimkan Menlu Hillary Clinton.


Obama telah membatalkan kehadirannya di KTT APEC 2013 yang diselenggarakan di Bali. Kehadiran Obama diwakilkan pada Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry.


"Presiden SBY telah menerima telepon dari Presiden Barack Obama yang mengatakan menyesal karena tidak dapat hadir di KTT APEC," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, lewat siaran persnya.


Teuku mengatakan, dalam perbincangan dengan Presiden SBY, Obama mengatakan alasannya tidak bisa hadir dikarenakan masih berlangsungnya pembahasan anggaran nasional AS. "Nantinya Obama akan digantikan oleh Menlu Amerika Serikat John Kerry," ujar Teuku.


Teuku menambahkan, Presiden SBY sangat memaklumi ketidakhadiran Presiden Obama di KTT APEC. "Beliau juga mengikuti perkembangan situasi di dalam negeri Amerika Serikat dewasa ini," imbuh Teuku mengutip ucapan Presiden SBY.