Gandeng BUMN China, PT Jakarta Monorail Mulai Bangun Monorel 16 Oktober 2013

Jakarta - PT Jakarta Monorail (JM) selaku pengembang proyek monorel Jakarta sepakat bekerjasama dengan BUMN China yaitu China Communication Construction Company Ltd (CCCC) untuk membangun proyek monorel Jakarta.

Penandatanganan kesepakatan kerjasama itu disaksikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden China Xi Jinping di Shangrila Hotel, Jakarta.


"Tadi berlangsung penandatanganan kerjasama antara pihak kami dengan perusahaan China yaitu CCCC. Disaksikan langsung oleh Presiden SBY dan Presiden Xi Jinping penandatanganan perjanjian proyek tahap pertama Jakarta Monorel sepanjang 30 km akan dimulai pembangunannya yang ditandai groundbreaking pada tanggal 16 Oktober 2013," ungkap Komisaris Utama PT Jakarta Monorail Edward Soeryadjaya saat berdiskusi dengan media di Garden Resto Satoo, Shangrila Hotel, Jakarta, Kamis (3/10/2013).


Salah satu butir kesepakatan itu adalah pihak CCCC dan JM sepakat untuk mendanai proyek monerel senilai US$ 1,5 miliar atau Rp 15-16 triliun. Edward belum mau menjelaskan porsi pembiayaan dari kedua belah pihak. Edward menjelaskan CCCC adalah investor yang tidak asing bagi Indonesia karena sebelumnya sudah dikenal dengan proyek Jembatan Suramadu.


"CCCC itu dikenal pihak yang menyelesaikan Jembatan Surabaya ke Madura. Kami ingin menyampaikan juga kesepakatan kerjasama pendanaan proyek ini senilai US$ 1,5 miliar atau Rp 15-16 triliun," imbuhnya.


Edward menjelaskan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan meresmikan langsung groundbreaking pembangunan monorel pada tanggal 16 Oktober 2013.


"Kita harapkan groundbreaking akan dilakukan langsung oleh bapak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Konfirmasi sudah kita lakukan dan Pak Gubernur akan menempatkan tiang pertama itu dan disusul makan malam dan presentasi mengenai JM," katanya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!