Menlu AS: Kami Akan Tetap Jadi Kekuatan Terbesar di Dunia

Nusa Dua - Meskipun saat ini sedang dilanda masalah domestik, yaitu ditutupnya pemerintahan akibat anggaran yang belum disetujui Kongres dan pernah dilanda krisis hebat di 2008, AS tetap yakin menjadi kekuatan ekonomi terbesar dunia.

"AS akan tetap menjadi kekuatan terbesar di dunia, dalam hal kapasitas militer dan kemampuan ekonominya di dunia," ujar Menteri Luar Negeri AS John Kerry saat jumpa pers di sela Forum KTT APEC 2013, Nusa Dua, Bali, Sabtu (5/10/2013).


Kerry datang ke Bali untuk menggantikan Presiden Barack Obama yang tak bisa hadir karena masalah anggaran yang menyebabkan pemerintahan AS ditutup selama kurang lebih 5 hari.


Pada kesempatan itu, Kerry menyatakan, pemerintah AS memiliki kekhawatiran soal masalah penutupan pemerintahan yang terjadi. Bila krisis tidak bisa segera diatasi, maka masyarakat luas akan meragukan kemampuan AS.


"Bila ini terus terjadi, atau terulang orang akan mulai mempertanyakan niat AS untuk 'menjaga kepastian' dan juga kemampuan untuk itu," kata Kerry.


Dalam kesempatan ini, Kerry juga menyindir pihak Kongres AS yang tak kunjung menyetujui anggaran yang diajukan pemerintah Obama. Menurutnya, krisis yang sudah berlangsung selama lima hari ini, memberi kerugian besar kepada AS.


"Saya pikir ini sembrono, secara personal, bahkan sampai membiarkan momen seperti ini terekspos," kata Kerry.