Produsen Nugget 'Fiesta' Beli 2 Peternakan Sapi Rp 350 M di Australia

Jakarta - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) dikabarkan membeli dua peternakan di Australia bagian utara. Kesepakatan tersebut terjadi tepat setelah Perdana Menteri Australia Tony Abbot menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Japfa Group melalui divisi perusahaan daging sapi, Santori, yang merupakan pengimpor terbesar sapi hidup Australia dan peternak sapi terbesar di Asia kemarin mengumumkan telah membeli peternakan Riveren dan Inverway di Victoria River.


Adapun luas dua peternakan tersebut mencapai 555.000 hektar. Sedangkan kapasitas lahan peternakan itu mencapai 40.000 sapi. Dan harganya ditaksir mencapai US$ 35 juta.


Keluarga Underwood yang merupakan pemilik dua peternakan tersebut mengungkapkan penjualan tersebut merupakan hal yang menyedihkan untuknya. Seperti diketahui Keluarga Underwood merupakan salah satu dari pemili peternakan raksasa di Australia namun mengalami kesulitan keuangan sejak 2011 lalu.


Tetapi sang anak, Mick Underwood yang merupakan anak dari pemilik John Underwood tetap menjadi manajer dari dua peternakan tersebut.


Seperti dilansir The Australian, Jumat (4/10/2013) penjualan ke produsen 'Fiesta' nugget tersebut terjadi setelelah Abbot mengunjungi Presiden SBY beberapa waktu lalu. Penjulan tersebut diharapkan mampu meningkatkan perdagangan ternak khususnya daging sapi.


Saat ini Santori memiliki 8.000 ekor sapi indukan di kandang pembiakan di Lampung. Dengan pembelian peternakan sapi di Australia, total sapi indukan Santori mencapai 33.000 ekor.


(dru/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!