Di Depan Para CEO, SBY Sebut 7 Solusi APEC untuk Perbaikan Ekonomi Dunia

Nusa Dua - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan pertemuan negara-negara APEC merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki ekonomi global. Ada 7 langkah yang harus dilakukan dalam KTT APEC 2013 di Bali.

Pertama, yang disampaikan SBY adalah perlunya mengambil bagian untuk mencegah kebijakan proteksi perdagangan dan juga melanjutkan jalan dalam liberalisasi perdagangan dalam rangka mensejahterakan masyarakat.


"Kita juga perlu meyakinkan bahwa hubungan perdagangan bukan hanya kuat tapi juga seimbang," kata SBY di depan ribuan CEO se-Asia Pasifik dalam membuka APEC CEO Summit 2013, di Westin Plenary Hall, Nusa Dua, Bali, Minggu (6/10/2013).


Kedua adalah perlunya mengoptimalkan usaha untuk merangsang investasi di kawasan sejalan dengan penciptaan lapangan kerja dan menjaga pertumbuhan ekonomi. Menurutnya banyak peluang dalam menciptakan ini termasuk adanya kelas menengah.


"Ketiga kita perlu mengembangkan lebih banyak infrastruktur sebagai dasar dari konektivitas. Ini tentu saja tak hanya akan membantu memfasilitasi investasi dan perdagangan tapi juga mempercepat penciptaan lapangan kerja," kata SBY.


Keempat, adalah meningkatkan pertumbuhan dari Usaha Kecil dan Menengah, karena merupakan tulang punggung perekonomian suatu bangsa.


"Kelima kita harus bekerjasama untuk menjamin stabilitas finansial, yang merupakan sesuatu yang absolut untuk semua aktivitas ekonomi berkelanjutan termasuk perdagangan dan investasi," katanya.Next