Obama Batal ke Bali, Hatta: Banyak yang Kecewa Tapi Kami Paham

Nusa Dua - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama membatalkan kehadirannya untuk menghadiri KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali karena ada masalah domestik, yaitu belum disetujuinya anggaran dan menyebabkan pemerintahan AS tutup. Banyak pihak yang kecewa, tapi pemerintah Indonesia memahami.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, ketidakhadiran Obama ini bisa dipahami, meskipun banyak pihak yang kecewa atas hal ini.


"Kita paham walaupun banyak yang kecewa," kata Hatta saat ditemui di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Sabtu (5/10/2013).


Hatta memaklumi Obama yang lebih memprioritaskan kondisi di dalam negerinya. Karena menurutnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun sempat mengalami situasi yang hampir mirip.


"Ini biasa terjadi pada pemimpin, para pemimpin ketika persoalan domestiknya mengharapkan kehadiran kepala negaranya, tentu dia akan memprioritaskan kepentingan domestiknya itu. Dulu ingat ketika kita mengalami bencana, Presiden kan ingat waktu di Korea dan Jepang, Presiden (SBY) kembali ke Indonesia, hal itu dia bisa paham," katanya.


Batalnya Obama ke Bali tidak membuat AS absen dalam KTT APEC 2013. AS diwakili oleh Menteri Luar Negeri John Kerry.