Gita Wirjawan Temui 3 Delegasi APEC dalam Sehari, Apa Hasilnya?

Nusa Dua - Memanfaatkan agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013 di Nusa Dua, Bali, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan melakukan pertemuan bilateral dengan pemerintah dari negara lainnya.

Gita melakukan dengan perwakilan 5 negara sekaligus secara bergantian di Hotel Laguna, Nusa Dua, Bali, Jumat (4/10/2013).


Pertemuan dilakukan Gita dengan Wakil Perdagangan Amerika Serikat (USTR) Michael Froman; Menteri Perdagangan dan Investasi Australia Andrew Robb; Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Toshimitsu Motegi; Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia Alexey V.Ulyukaev; dan Menteri Perdagangan, Industri dan Energi Korea Yoon Sang-jick.


Pembahasan yang terjadi tentunya berbeda-beda. Gita mengangkat banyak hal, sesuai dengan kebutuhan dari Indonesia dengan negara-negara tersebut. Mulai dari soal sapi, tembakau, hingga otomotif.


Berikut 3 dari 5 hasil pertemuan Gita Wirjawan:


1. Menteri Perdagangan dan Investasi Australia Andrew Robb


Dalam pertemuan dengan Robb, Gita membahas persoalan sapi. Kepada Robb, Gita menuturkan Indonesia saat ini mengubah kebijakan importasi sapi dengan lebih terbuka dan transparan.Next