CEO Perusahaan Besar Kumpul Bareng Anak Muda Bahas UMKM di APEC 2013

Nusa Dua - Dalam rangkaian agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013 di Bali, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu pembahasan. Pagi ini para pengusaha dan anak muda se-Asia Pasifik berkumpul untuk membahas UMKM.

Acara yang dilangsungkan di Hotel Ayana, Jimbaran ini dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Indonesia Syarief Hasan. Turut memberikan sambutan adalah APEC SMEE Summit 2013 Committee Chair & Vice Chair, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UKM dan Koperasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Erwin Aksa, dan Chairman McKinsey & Company Indonesia Raoul Oberman.


Selain itu dalam pembahasan, akan berbicara Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Gatot Suwondo, Presiden Direktur Ciputra Surya Harun Hajadi, CEO Saratoga Capital Sandiaga Uno, Managing Director Endeavor Sati Rasuanto, Ketua HIPMI Raja Sapta Oktohari, dan CEO Tinker Game, Muhammad Ajie Santika.


Erwin Aksa dalam sambutanya mengatakan, UMKM sangat layak untuk menjadi pembahasan dalam agenda sebesar ini. Tema yang diusung pun adalah terkait bagaimana membentuk dan merancang kesuksesan usaha mikro-kecil-menengah Indonesia dan Asia Pasifik.


"Saya cukup puas, ketika agenda UKM ini dapat diangkat dan menjadi salah satu materi yang dibahas dalam APEC," kata Erwin dalam sambutannya, Sabtu (5/10/2013).


Dalam pembahasan ini, Erwin berharap ada satu solusi yang dapat memajukan UKM di kawasan. Baik itu terkait regulasi, maupun hal-hal lain yang dapat mendorong kemajuan UKM.


"UKM tidak hanya persoalan uang dan modal, tapi bagaimana dapat mengolah pengalaman dan terus belajar kemudian dapat memberikan kepercayaan terhadap konsumen," sambungnya..Next