Erdikha Sekuritas: Pasar Akan Cenderung Melemah

Jakarta - Saham-saham di Wall Street dan Eropa kembali melemah di hari ketiga penutupan kantor-kantor layanan pemerintah di Amerika, menyusul kekhawatiran pelaku pasar akan masih buntunya pembahasan anggaran di Kongres. sementara pagi ini saham-saham di Asia ikut melemah, sambil menunggu kepastian perkembangan lebih lanjut pembicaraan untuk mengakhiri deadlock anggaran AS.

IHSG kembali menguat pada perdagangan yang relatif sepi Kamis kemarin kendati rata-rata indeks regional dan global mengalami pelemahan. Kenaikan yang masih dipicu sentimen deflasi dan surplusnya perdagangan tersebut terutama ditopang oleh meningkatnya harga saham-saham di sektor Pertambangan (+2,48%), Aneka Industri (+1,37%), Perdagangan (+0,89%) dan Perbankan (+0,87%), sedang dua sektor yang melemah adalah Pertanian (-0,02%) dan Consumer (-0,02%). Nilai Transaksi tercatat sebesar Rp.3,8 Triliun dengan net sell investor asing sebesar Rp.9,8 Miliar.


Akhir pekan ini secara teknikal pasar kemungkinan akan cenderung melemah setelah kenaikan selama tiga hari berturut-turut sekaligus mengikuti sentimen regional dan global. IHSG diperkirakan akan bergerak di sekitar 4.350 - 4.430.


(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!