Mengenang Frans Seda, Si Penekan Inflasi RI dari 650% Jadi 112%

Jakarta - Tak terasa sudah hampir 4 tahun ekonom dan juga mantan Menteri Keuangan Frans Seda meninggalkan dunia. Bagi pemerintahan sekarang, banyak pengalaman Frans yang bisa diambil. Salah satunya adalah soal menahan laju inflasi.

Saat menjabat sebagai Menteri Keuangan zaman Orde Baru 1966-1968, pria bernama lengkap Franciscus Xaverius Seda berhasil menurunkan laju inflasi dari 650% menjadi 112%.


Pemilik Frans Seda Foundation ini, bersama-sama rekan kerjanya berhasil menurunkan tingkat inflasi yang melambung.


"Di tahun 1965-1966 itu krisis moneter, inflasi tinggi. Nah Pak Frans ini berhasil menurunkan tingkat inflasi dari 650% sampai 112%, ini kinerja Pak Frans tentu tidak sendirian, ada Ketua Dewan Penasehat Presiden Emir Salim, saya rasa itu hal yang luar biasa," kata Ketua Panitia Pelaksana 'Frans Seda Awards 2014' Mikhael Dua sembari mengenang mantan Menkeu zaman orde baru ketika berbincang bersama detikFinance, di Jakarta, Jumat (4/10/2013).


Mikhael menjelaskan, kemampuan Frans untuk bisa mengatasi permasalahan ekonomi saat itu dengan cara menerapkan model anggaran penerimaan dan belanja yang berimbang.


Hari ini, pada 1926 lampau, Frans Seda dilahirkan. Pelaksana 'Frans Seda Awards' ingin Indonesia mengenang Frans Seda sebagai orang yang berjasa bagi perekonomian Indonesia.


"Anggaran berimbang itu sumbangan dari Frans. Saat itu pencetakan uang tinggi sekali, itu boros. Frans menciptakan kebijakan anggaran berimbang jadi tidak boleh mengeluarkan dana di luar budget," ujarnya.Next


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!