Kunci Sukses Sandiaga Uno: Saya Gagal 20 Kali dan Bangkit Lagi

Jimbaran - Pengusaha muda Sandiaga Uno berbagi tips menjadi pengusaha sukses dalam sebuah forum di KTT APEC 2013. Menurut Sandi, kunci untuk menjadi sukses adalah jangan takut dan pantang menyerah.

"Saya gagal sampai 20 kali dan bangkit lagi," kata Sandi di depan pengusaha muda pada acara APEC SMEE Summit 2013 di Ayana Hotel, Jimbaran, Bali, Sabtu (5/10/2013).


Sandi mengatakan, budaya orang Indonesia kurang mampu menghadapi risiko, dan cenderung takut gagal, serta tidak bangkit lagi. Budaya itu menurut Sandi harus diubah.


Selain itu, lingkungan sekitar pun berpengaruh. Di mana bila ada orang yang gagal, lingkungannya bukan malah mendorong, malah membuat orang takut untuk bangkit lagi.


"Contoh bayi di luar negeri yang mencoba merangkak atau berjalan lalu jatuh dan ada benjolan, di sana dibiarkan saja bayi tersebut mencoba lagi. Kalau di Indonesia, pengasuhnya, keluarganya panik dan akhirnya saling menyalahkan," kata Sandi.


"Komunitas itu sangat takut untuk gagal. Kita tidak memiliki budaya yang suka mengambil risiko," katanya.


Selain itu, Sandi pun mengungkapkan kegagalan harus dialami lebih cepat. Karena lebih cepat seseorang alami kegagalan, lebih banyak juga kesempatan untuk bangkit.


"Bahwa setiap UKM itu harus merasakan kegagalan sebelum kesuksesan. Gagal cepat itu yang terbaik," tutupnya.