Obama Batal, Ini Kepala Negara dan Pemerintahan yang Sudah Pasti ke Bali

Nusa Dua - Kegiatan KTT APEC 2013 di Bali akan dihadiri oleh 21 pimpinan negara se-Asia Pasifik. Pertemuan mereka akan diselenggarakan pada 7-8 Oktober 2013 dalam gelaran Leaders Meeting APEC. Siapa saja kepala negara dan pemerintahan yang sudah dipastikan hadir?

Dari informasi yang dihimpun detikFinance, Sabtu (5/10/2013), ada beberapa Presiden dan Perdana Menteri yang sudah memastikan mendarat di Bali dan hadir dalam acara KTT APEC 2013.


Pertama adalah Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye yang dijadwalkan akan datang ke Bali pada 6-8 Oktober untuk menghadiri Economic Leaders Meeting APEC ke 21. Setelah itu, Presiden Park akan terbang ke Brunei Darussalam pada 8-10 Oktober 2013, dan kembali ke Indonesia pada 10-12 Oktober 2013 untuk memenuhi undangan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Di kegiatan APEC ini dia akan tergabung dan membahas topik seperti memperkuat perdagangan multilateral di Asia Pasifik, dan visi APEC dalam mengembangkan keterkaitan sesama negara APEC.


Selain itu, Presiden Peru OllantaHumama Tasso juga dipastikan akan tiba di Bali untuk menghadiri pertemuan para kepala negara APEC 2013 ini.


"Peru akan meningkatkan perdagangan dan membangun hubungan strategis dengan Negara APEC, seperti Korea dan China," OllantaHumama dalam keterangan tertulisnya.


Kemudian, Perdana Menteri Selandia Baru John Key juga dipastikan datang pada 7-8 Oktober 2013 di Bali, lalu kemudian menghadiri East Asia Summit di Brunei pada 9-10 Oktober. Begitu juga dengan Perdana Menteri Kanada Stpehen Harper yang memastikan kehadirannya.


Sayangnya, Presiden Amerika Serikat Barack Obama membatalkan kunjungannya untuk mengahadiri APEC 2013 di Bali, karena AS tengah diterpa masalah internal. Kehadirannya nanti akan digantikan oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry.