Chatib Basri: China Sangat Penting di APEC

Nusa Dua - Para peserta KTT APEC di Nusa Dua, Bali sependapat bahwa ekonomi China memiliki pengaruh besar di Asia Pasifik, bahkan di dunia. Anggapan tersebut diungkapkan oleh level pengusaha dunia hingga petinggi pemerintahan pada forum KTT APEC.

Menteri Keuangan (Menkeu) Indonesia M Chatib Basri mengatakan ekonomi China berpengaruh terhadap laju ekonomi di Asia Tenggara. Saat ini, China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia.


"Apabila kita bicara APEC, kita lihat China adalah negara yang sangat penting," kata Chatib dalam dialog APEC CEO Summit di Westin Plenary Hall, Nusa Dua Bali, Minggu (6/10/2013).


Chatib mengatakan, volume perdagangan bilateral Indonesia saat ini terbesar dengan China. Saat perdagangan bebas ASEAN dibuka pada tahun 2015 nanti, Chatib meyakini itu akan menjadi sebuah keuntungan bagi negara Asia Tenggara khususnya Indonesia.


"Itu akan menjadi keuntungan bagi kebanyakan negara ASEAN khususnya Indonesia," kata Chatib.


Senada dengan Chatib, pengusaha asal Rusia, Chairman of Supervisory Board Basic Element Company, Oleg Deripaska mengatakan mengatakan apabila ekonomi China stabil, maka Asia Pasifik akan lebih stabil.


"Kalau China lebih stabil, Asia Pasifik akan lebih stabil," kata pengusaha yang pernah masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia ke-8 di tahun 2008 lalu.


Pernyataan Oleg pun langsung diamini oleh Presiden Chile Sebastian Pinera dalam dialog tersebut. "Dan lebih stabil Asia Pasifik, akan lebih stabil juga dunia," timpal Sebastian Pinera.