Kisah Presiden SBY Saat KTT APEC 2010 di Yokohama

Nusa Dua - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama batal datang ke Indonesia untuk menghadiri KTT APEC 2013. Pemerintah memahami keputusan Obama tersebut karena menyangkut masalah internal dalam negeri AS.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengaku sangat mengerti kenapa Obama tidak datang. Kehadiran Obama nanti akan digantikan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.


"Kita sangat mengerti kenapa dia nggak datang. Di negaranya kan sedang ada masalah domestik ya," kata Mari di acara Media Briefing High Level Policy Dialogue KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali, Jumat (4/10/2013).


Mari mengatakan kabar Obama batal datang ke KTT APEC Bali merupakan peristiwa yang tak terduga. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun pernah mengalami kondisi yang kurang lebih mirip pada saat KTT APEC 2010 di Yokohama, Jepang. Namun bedanya, SBY menyempatkan datang sehari kemudian digantikan Wapres Boediono karena di Indonesia sedang terjadi musibah gempa bumi.


"Presiden kita juga pernah, waktu APEC di Yokohama, delayed, karena kita punya gempa. Kita tidak bisa memprediksi sebelumnya," lanjut Mari.


Meski demikian, Mari meyakini KTT APEC 2013 akan berjalan dengan baik. Indonesia sebagai tuan rumah pun sudah melakukan hal yang terbaik. "Kita berhasil atas apa yang bisa kami raih," katanya.


KTT APEC Bali Bukan Tak PentingNext