Ini Hasil Pertemuan Tingkat Menteri di KTT APEC 2013

Nusa Dua - Pertemuan di tingkat menteri KTT APEC 2013, Nusa Dua, Bali telah rampung dan hasil pertemuan akan disampaikan di forum kepala negara. Berikut ini beberapa garis besar hasil pertemuan tingkat menteri APEC 2013.

Dalam pernyataan bersama oleh para menteri-menteri negara anggota APEC, terdapat sejumlah poin yang menjadi kesimpulan. Poin-poin tersebut diperinci lagi menjadi penjelasan yang lebih spesifik.


Secara umum, forum menteri menyepakati kelanjutan kerjasama regional yang terintegrasi. Forum juga menyetujui agar negara-negara Asia Pasifik untuk tetap berupaya menjaga peran masing-masing negara anggota sebagai mesin penggerak pertumbuhan ekonomi global.


Kesimpulan yang akan direkomendasikan dalam pertemuan tingkat kepala negara ini juga menyepakati komitmen untuk melanjutkan hasil KTT Bogor, yaitu mempromosikan konektivitas dan mengupayakan pertumbuhan ekonomi yang berlandaskan kesetaraan.


Berikut garis besar poin-poin yang disepakati dalam pertemuan di Nusa Dua Bali, dalam pernyataan bersama para menteri, Minggu (6/10/2013):



  • Mengupayakan penyediaan pendidikan bagi masyarakat perbatasan antar negara.

  • Diperlukan adanya respons darurat untuk pemberian kemudahan fasilitas bagi masyarakat yang berpergian di kawasan Asia Pasifik.

  • Mempromosikan sumber energi yang bersih dan terbarukan.

  • Menggalakkan jaringan APEC untuk memberantas korupsi dan juga memastikan adanya transparansi di dalamnya.

  • Ketahanan sistem pelayanan kesehatan di wilayah Asia Pasifik.

  • Negara-negara APEC bersama-sama untuk menciptakan lapangan kerja baru.