Cetak Sejarah, Jakarta Akhirnya Dikelilingi Jalan Tol

Jakarta -Jakarta untuk pertama kalinya dikelilingi jaringan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) menyusul dioperasikannya tol Kebon Jeruk-Ulujami pada 21 Juli 2013.

Tol yang menyambungkan kawasan Pondok Indah dengan Bandara Soekarno-Hatta ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.


Menteri Pekerjaan Umum (Menteri PU) Djoko Kirmanto sumringah, karena Tol Ciledug-Ulujami yang menjadi bagian Tol JORR W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami) akhirnya diresmikan. JORR W2 Utara merupakan sisi barat Jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR I) atau tol lingkar luar Jakarta.


Butuh kurang lebih 8 tahun untuk merealisasikan tol sepanjang 7,67 km ini, yang menghubungkan kawasan selatan Jakarta seperti Pondok Indah ke Bandara Soekarno-Hatta.


"Saya sangat bersyukur, berbunga-bunga (tol selesai)," ucap Djoko saat meresmikan tol ini di Simpang Susun Ulujami, Jakarta Selatan akhir Juli lalu.


Tol JORR W2 Utara sudah dicanangkan sejak 2006, yang melengkapi keberadaan ruas tol lingkar luar Jakarta lainnya. Namun, kala itu, pembangunan tol jalan di tempat alias mandek.


"Ini sudah saya tunggu sejak lama. Kontraknya tahun 2006, nggak jalan-jalan. Lalu kita perbaiki di tahun 2011, sejak itu kita percepat, hingga kini," tuturnya.


Berfungsinya tol ini diyakini mengurangi kepadatan kendaraan di tol dalam kota, hingga berkurang 30%, karena beralih ke tol Kebon Jeruk-Ulujami.


"Jalan ini berfungsi sangat baik untuk mengurangi jalan tol beban di tengah kota, menurut perhitungan bisa mengurangi 30%," kata Djoko.


Dengan diresmikannya tol ini, JORR I tersambung penuh. Adapun Jaringan JORR I yang panjangnya mencapai 63 km antaralain tol W1 Penjaringan - Kembangan, JORR W2 Seksi 4 Kembangan - Joglo, JORR W2 Seksi 3 Joglo - Ulujami, JORR W2 Seksi 2 Ulujami - Veteran, JORR W2 Seksi 1 Veteran - Pondok Pinang, JORR S Pondok Pinang - TMII, JORR E1 Seksi 1 TMII - Ceger, JORR E1 Seksi 2 Ceger - Hankam, JORR E1 Seksi 3 Hankam - Jatiasih, JORR E1 Seksi 4 Jatiasih - Cikunir, JORR E2 Cikunir - Cakung, JORR E3 Cakung - Cilincing, JORR N Cilincing - Tanjung-Priok.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!