Jokowi Sindir Kemenkeu: LCGC Pajaknya Nol, Masak TransJ Enggak?

Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi meminta pemerintah untuk membebaskan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) atas importasi bus khususnya bus TransJakarta. Bahkan Jokowi menyindir dengan kebijakan pemerintah yang cepat membebaskan PPnBM mobil Low Cost Green Car (LCGC).

"Tanyakan ke sana dong (Kementerian Keuangan). Kita minta nol dan LCGC saja nol masak kita enggak boleh nol," kata Jokowi saat ditemui di Kantor Menko Perekonomian Jalan Lapangan Banteng Jakarta, Senin (23/12/2013).


Bahkan sebanyak 96 bus TransJakarta gandeng asal negeri China yang hari ini didatangkan masih dikenakan PPnBM. Jokowi bersama Menko Perekonomian Hatta Rajasa sore ini melakukan serah terima 96 unit bus Transjakarta gandeng asal China.


"Ini belum bebas PPN. Belum, belum," cetusnya.


Seperti diketahui, mobil LCGC dapat fasilitas pembebasan pajak. Meskipun dapat free tax, LCGC harus memenuhi beberapa syarat, yaitu sesuai dengan namanya yaitu harus murah dan hemat energi.


(wij/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!