Jumlah Orang Kaya di Indonesia Makin Banyak

Jakarta -Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan orang kaya terbanyak di dunia. Ekonomi yang terus tumbuh membuat Indonesia masuk sebagai 5 negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPD RI Irman Gusman dalam acara 'Refleksi 2013 DPD RI, di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Selasa (24/12/2013).


"Kita jadi 5 besar ekonomi di Asia. Jadi 2012 Indonesia termasuk negara yang pertumbuhan orang kayanya tercepat di dunia," ujar Irman.


Menurutnya, orang kaya baru di Indonesia bisa terus bertumbuh hingga dua kali lipat. Bila ekonomi Indonesia terus tumbuh.


Pada kesempatan itu, Irman menyebutkan soal pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 6% tahun lalu. Pertumbuhan ekonomi ini banyak didominasi oleh sektor-sektor modern. Sementara sektor pertanian hanya tumbuh di bawah 4%.


Masalah yang terjadi saat ini juga terkait dengan pertumbuhan penduduk di Indonesia yang cukup tinggi. Menurut Irman, kondisi ini membuat kebutuhan barang di Indonesia tinggi, sehingga mendorong laju impor. Sementara saat ini muncul kesenjangan ekonomi antara wilayah barat dan timur Indonesia, karena ketersediaan barang yang tidak merata.


"Kesenjangan daerah terutama di infrastruktur menimbulkan disparitas ekonomi, akibatnya kebutuhan pokok di Indonesia Timur 20 kali lebih banyak. Untuk mengatasi kesenjangan mungkin kita harus ikuti Amerika itu. Kalau di sana 'Go West', kita juga bisa 'Go East'," katanya.


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!