Pesawat Canggih Boeing Seharga Rp 2,3 T Ini Kembali Bermasalah

Stockholm -Pesawat Boeing 787 Dreamliner yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Norwegian Air Shuttle dikandangkan di Florida, AS sejak Sabtu lalu karena bermasalah.

"Sangat tidak beruntung, kami mengalami masalah teknis pada penerbangan kami dari bandara Fort Lauderdale ke Stockholm Arlanda Sabtu pukul 09.30 malam," ujar Juru Bicara Norwegian Daniel Kirchoff dikutip dari AFP, Senin (23/12/2013).


Maskapai ini mengatakan, pihaknya masih menunggu suku cadang dari Boeing bisa datang hari ini. Menurut maskapai tersebut, 238 penumpang batal terbang karena situasi ini. Penumpang dijanjikan terbang hari ini waktu Florida.


"Kami mohon maaf soal keterlambatan ini, dan kami akan melakukan segala hal agar penumpang bisa tiba sebelum Natal," ujar Kirchoff.


Sejak Norwegian meluncurkan penerbangan dengan Dreamliner musim panas lalu, keterlambatan dan pembatalan sering terjadi karena masalah teknis serius pada pesawat tersebut, mulai dari suplai oksigen hingga kerusakan pompa hidrolik, dan sistem pengereman.


Beragam insiden ini telah berdampak kepada kinerja keuangan maskapai tersebut, bahkan harga saham dan citranya juga menurun. Meski begitu, maskapai ini juga memesan 2 Dreamliner lagi.


Seperti dikutip dari situs resmi Boeing, harga pesawat seri 787 dipatok mulai dari US$ 206,8 juta (Rp 1,96 triliun) sampai US$ 243,6 juta (Rp 2,31 triliun).


Meski harganya cukup mahal, tapi ternyata masih lebih murah dari 'kakaknya' yaitu seri 777. Seri ini punya harga yang lebih tinggi, mulai US$ 258,8 juta (Rp 2,45 triliun) sampai US$ 315 juta (Rp 3 triliun).


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!