Terbesar Sepanjang Sejarah, APBN Jepang Rp 9.220 Triliun

Tokyo -Jepang menyetujui anggaran terbesar sepanjang sejarah untuk 2014. Tingginya anggaran ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan juga karena adanya kenaikan sejumlah tarif pajak.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan, pemerintah akan menggelontorkan anggaran 95,88 triliun yen (US$ 922 miliar) atau sekitar Rp 9.220 triliun untuk tahun fiskal 2014 yang dimulai April tahun depan.


Dikutip dari AFP, Selasa (24/12/2013), ini merupakan anggaran terbesar sepanjang sejarah Jepang, naik dari 92,61 triliun yen di tahun ini. Ini karena tingginya pendapatan dari kenaikan pajak penjualan, dari 5% menjadi 8% mulai 1 April 2014.


Meski begitu, namun defisit anggaran tampaknya masih akan besar tahun depan, yaitu sekitar 19 triliun yen. Itu berarti, utang pemerintah Jepang akan makin tinggi dan menjadi yang terbesar dari seluruh dunia.


Jepang melakukan kenaikan untuk anggaran militer atau pertahanan, karena ada tensi politik yang tinggi dengan China terkait perebutan pulau.


Tahun lalu, anggaran militer Jepang sempat turun ke level terendah dalam 10 tahun terakhir, sementara China menaikkan anggaran militernya 2 kali lipat di tahun yang sama.


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!