Apa Untungnya Jika Bitcoin Legal di Indonesia?

Jakarta -Dalam dua tahun terakhir, penggunaan mata uang digital Bitcoin mulai marak di Indonesia. Bank Indonesia (BI) bahkan mulai tertarik untuk melakukan kajian. Agar bisa mengantisipasi lebih dulu jika terjadi dampak buruk dari Bitcoin.

Bagaimana bila Bitcoin jadi legal di Indonesia?


CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengaku ada beberapa dampak positif dari Bitcoin. Pertama adalah penerimaan pajak. Pemerintah bisa membuat aturan terlebih dahulu pengenaan pajak secara terpisah untnuk transaksi Bitcoin seperti Singapura.


"Kalau dilegalkan, contoh saja ya, seperti Bank Sentral Singapura mereka kan mengatur hukum perpajakan terpisah, itu kan proses pemasukan tersendiri untuk Indoensia nantinya, kita harapannya seperti itu. Kita kerjasama dengan money changer sesuai dengan aturan yang ditetapkan," ujarnya kepada detikFinance, Selasa (21/1/2014).


Kemudian dampak positif selanjutnya adalah penambahan devisa. Sebab menurutnya, bila aturan berhasil dirampungkan dengan cermat maka akan dapat menarik investasi masuk ke dalam negeri.


"Kalau misalnya Bitcoin dilegalkan di Indonesia, kalau didukung BI, Dirjen pajak, Kemenkominfo mendukung, kita akan menjadi negara yang cukup terkenal di luar negeri. Sebagai yang populasinya besar, kalau ini dilegalkan, saya bisa membayangkan investor luar egeri untuk membawa dolarnya masuk ke Indonesia bertransaksi Bitcoin," jelasnya.


"Itu akan membawa devisa tersendiri, itu tidak kecil. Anggap saja seperti China. China Rp 1 triliun per hari kalau kita Rp 200 miliar per hari, itu kan devisa tersendiri. Sebagai warga negara yang baik, kita ingin negara kita lebih strong dari segi ekonomi," kata Oscar.Next


(mkl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!