Di Aceh, Daging Sapi Rp 110 Ribu/Kg dan Ayam Rp 40 Ribu/Potong

Banda Aceh -Harga daging sapi dan ayam potong di Aceh melonjak drastis pada awal tahun ini. Khusus untuk daging sapi, kenaikan harga dipicu karena stok sapi lokal di Aceh mulai berkurang. Sementara untuk kenaikan harga daging ayam karena trend awal tahun.

Harga daging sapi di Banda Aceh naik rata-rata Rp 5.000 hingga Rp 10.000/kg. Harga daging sapi di Banda Aceh kini dijual dengan harga Rp 105.000 hingga Rp 110.000/kg, atau jauh lebih mahal dari harga sebelumnya yang hanya Rp 95.000 hingga Rp 100.000/kg.


Salah seorang pedagang daging sapi di Banda Aceh, Darman mengatakan, kenaikan harga sapi di Banda Aceh disebabkan persediaan sapi lokal mulai berkurang, sehingga para pedagang harus membeli sapi impor yaitu sapi Australia yang digemukan di Indonesia.


"Kami terpaksa harus menyamai harga sapi lokal dengan sapi Australia," kata Darman kepada detikFinance, Sabtu (25/01/2014).


Menurutnya, para pedagang terpaksa harus membeli sapi Australia untuk memenuhi kebutuhan warga karena jumlah sapi lokal cukup terbatas. Saat ini, ia hanya mampu memotong satu ekor sapi setiap harinya karena harga sapi yang cukup mahal.


"Sapi Australia ini untuk mencukupi sapi lokal," imbuhnya.


Sementara untuk daging ayam potong juga mengalami kenaikan dari hari-hari sebelumnya. Daging ayam potong di Banda Aceh dijual Rp 30.000/kg dari harga sebelumnya hanya Rp 25.000/kg. Sedangkan untuk satu ekor ayam dijual rata-rata Rp 35.000 hingga Rp 40.000/kg. Harga itu tergantung dari ukuran besar kecilnya ayam.


"Naik sejak pergantian tahun kemarin. Ngak tahu penyebabnya apa," kata salah seorang penjual ayam potong, Dodi.


Akibat kenaikan ini, para pedagang di Aceh mengeluh karena permintaan berkurang sehingga omset pendapatan menurun. Para pedagang berharap agar pemerintah dapat menstabilkan kembali harga daging sapi dan ayam potong.


(wij/wij)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!