Dianggap Tokoh Inspirasi Pemuda, Hatta Dapat Medali Jubileum Emas

Tampaksiring -Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa hari ini mendapatkan Penganugerahan Medali Jubileum Emas dari Universitas Mahendradatta, Bali. Rektor Universitas Mahendradatta I Gusti Ngurah Arya Wedakarna mengungkapkan, penganugerahan ini diberikan kepada orang-orang terpilih yang dinilai dapat menjadi pemimpin Indonesia di masa yang akan datang, serta sebagai inspirasi pemuda harapan masa depan bangsa.

"Izinkan kami untuk memberikan penghargaan kepada anak bangsa Bapak Hatta Rajasa karena dianggap sosok yang dapat menjadi pemimpin Indonesia di masa yang akan datang dan dapat menjadi panutan pemuda khususnya di Universitas Mahendradatta dan masyarakat pada umumnya," kata I Gusti Ngurah Arya saat membuka acara Penganugerahan Medali Jubileum Emas Universitas Mahendradatta di Soekarno Center Istana Mancawarna, Tampaksiring, Bali, Sabtu (25/01/2014).


Di tempat yang sama, Hatta Rajasa mengungkapkan, perguruan tinggi ikut menopang kemandirian ekonomi dan kepribadian kebudayaan.


"Kita jadikan perguruan tinggi bagian dari klaster industri yang kita bangun di setiap koridor ekonomi. Kita harapkan dapat menumbuhkan budaya pengelolaan industri nasional yang makin inovatif," kata Hatta.


Hatta menambahkan, program akademik di pendidikan tinggi harus menjadi jejaring yang mengisi dan mengembangkan rantai nilai tambah dari setiap komoditas, atau sektor yang dikembangkan di masing-masing koridor ekonomi. Dengan cara ini, pembangunan sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan teknologi juga perlu dipertajam melalui perbaikan kurikulum yang sesuai serta peningkatan standarisasi tenaga akademik di semua lini kegiatan pendidikan.


Sehingga dapat mempercepat peningkatan jumlah tenaga kerja terampil berlatar belakang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi dari kisaran 40-50 juta orang saat ini menjadi lebih dari 100 juta orang di tahun 2030 mendatang.


"Saya mengajak civitas akademika Universitas Mahendradatta agar tetap optimis dalam menyikapi kinerja pembangunan. Jadikan dukungan itu, sebagai akses untuk memantapkan postur Universitas ini sebagai World Class University," cetus Hatta.


(drk/wij)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!