Ini Wilayah yang Masih Mati Lampu Karena Banjir

Jakarta -PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang mulai menghidupkan kembali sebagian besar gardu listrik pasca banjir di DKI Jakarta dan wilayah sekitar. Namun di wilayah tertentu, PLN belum berani menghidupkan gardu listrik karena kondisinya masih tergenang air. Hingga sore hari ini PLN mencatat masih ada 68 gardu listrik yang masih padam.

"Dengan semakin sedikitnya daerah tergenang, semakin banyak gardu-gardu yang dinyalakan kembali. Petugas PLN mulai bergerak ke gardu-gardu distribusi untuk melakukan assessment dan revisi. Sampai dengan pukul 16.00 WIB (25/01) masih tersisa 68 gardu distribusi yang masih dipadamkan. Posisi ini menurun dari posisi tadi pagi pukul 07.00 WIB yaitu 81 gardu," Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Roxy Swagerino dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/01/2014).


Gardu yang masih padam tersebar di beberapa wilayah seperti Kramat Jati, Jatinegara, Menteng, Bandengan, Lenteng Agung, dan Cikupa. Pemadamam masih dilakukan karena kondisi masih belum memungkinkan untuk dinyalakan baik dari sisi instalasi masyarakat maupun PLN.


Sedangkan menurut catatan PLN bila dibandingkan Minggu lalu (18/01), jumlah gardu yang padam terus mengalami penurunan. "Pada hari Sabtu (18/1) gardu distribusi yang dipadamkan mencapai angka tertinggi yaitu sebanyak 516 gardu," imbuhnya.


Petugas PLN terus melakukan revisi, pembersihan, dan assessment terhadap gardu distribusi yang dipadamkan demi keamanan dan keselamatan masyarakat saat banjir. Pemadaman gardu distribusi dilakukan apabila lingkungan pelanggan terendam, gardu distribusi terendam, atau keduanya terendam.


Meskipun banjir sudah surut dimohon kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap datangnya banjir susulan. Hal yang harus dilakukan apabila air mulai menggenang adalah memastikan posisi MCB dalam keadaan mati, mencabut semua peralatan elektronik dari saklar dan memindahkannya ke tempat yang aman. Petugas PLN juga selalu bersiap untuk memadamkan aliran listrik apabila banjir datang lagi demi keamanan dan keselamatan pelanggan.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!