Bisnis Gurih Kostum Peniru Jagoan Fiksi

Jakarta -Bagi para cosplayer, kostum adalah segalanya. Bagi mereka yang punya keahlian, bisa saja membuat kostum sendiri. Namun tidak perlu repot-repot, karena saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa pembuatan kostum untuk cosplay.

Salah satu wirausahawan yang bergerak di bidang pembuatan kostum cosplay adalah Fanny Frisliany. Perempuan berusia 23 tahun ini sudah sejak 2010 membuka usaha pembuatan kostum dengan nama Fakagi Cosplay Shop.


Fanny sejak dulu memang menyukai komik dan animasi Jepang. Kesukaannya ini membuatnya terjun ke pembuatan kostum.


Dalam sebulan, rata-rata Fakagi Cosplay Shop menerima 10 pesanan kostum cosplay. Dari situ, omset usaha Fanny mencapai sekitar Rp 15 juta.


“Pihak yang memesan dari mana-mana. Jakarta, Medan Bandung, dan sebagainya,” kata Fanny yang berdomisili di Bandung.


Soal harga, kostum buatan Fakagi Cosplay Shop bervariasi. Untuk jaket karakter-karakter dari seri Naruto, harganya sekitar Rp 180 ribu. Sebuah kostum yang cukup rumit bisa dibanderol dengan harga jutaan rupiah.


“Misalnya karakter-karakter dari seri Final Fantasy. Itu dari mulai wig sampai sepatu. Belum lagi banyak bagian yang harus dibuat dari kulit. Harganya sekitar Rp 2 juta, sudah lengkap,” tutur Fanny.Next


(hds/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!