Rencana Pembangunan Bandara Majalengka Jalan Terus

Jakarta -Selain membangun landasan (runway) baru di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II juga menyatakan sedang terus mengkaji pembangunan bandara baru di Majalengka, Jawa Barat.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Angkasa Pura II Tri S. Sunoko saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Selasa malam (21/1/2014).


"Di Majalengka, Pemda Jawa Barat meminta Angkasa Pura II untuk membangun majalengkan," kata Tri.


Selain Majalengka, Tri mengatakan, pihaknya juga akan membangun bandara di Lampung.


"Lampung yang sekarang UPT, Bandara Tanjung Karang kalau tidak keliru Ya. Ini akan dijadikan connecting, kita kaji prospek cukup bagus ada pertanian

ada perkebunan. Prospeknya cukup bagus dan kita minat itu," papar Tri.


Untuk bandara Majalengka ini memang sudah lama direncanakan, dan letaknya di Kertajati. Pemerintah pusat ingin bandara ini jadi sebelum pasar bebas ASEAN berlaku 2015 nanti.


Kepala Divisi Komunikasi Publik dan Promosi Sekretariat Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Edib Muslim mengatakan, bandara ini akan memiliki luas 1.800 hektar dan menampung 8 juta penumpang per tahun di tahap awal.


Saat ini sudah 800 hektar lahan yang dibebaskan. Untuk akses ke bandara ini telah disiapkan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!