Coca-Cola Tutup 4 Pabriknya, 1.250 Karyawan Kena PHK

Madrid -Coca-Cola berencana menutup 4 dari 11 pabriknya di Spanyol. Rencana ini bisa memangkas 1.250 karyawan setempat.

Anak usaha Coca-Coal di Spanyol, Coca-Cola Iberian Partners, yang bertugas untuk menutup pabrik-pabrik ini. Daerahnya antara lain di bagian utara provinsi Asturias, Kepulauan Balearic, dekat Madrid dan di bagian selatan Alicante, kata serikat pekerja Coca-Cola dalam keterangan tertulis.


Perwakilan serikat pekerja saat ini sedang bernegosiasi dengan Coca-Cola untuk mencari jalan keluar terbaik dari rencana ini. Bahkan para anggota serikat pekerja siap berdemo dan mogok kerja demi tuntutannya tercapai.


Seperti diberitakan koran lokal, Coca-Cola sedang berusaha merelokasi 500 karyawannya yang terimbas penutupan pabrik tersebut. Sisa karyawannya akan diberikan pesangon dan dana pensiun.


"Restrukturisasi ini bertujuan mencari efisiensi dan mengejar persaingan usaha. Selain itu juga demi mengurangi risiko perusahaan yang mungkin timbul di masa mendatang," ujar juru bicara Coca-Cola seperti dikutip AFP, Kamis (23/1/2014).


Saat ini Coca-Cola Iberian Partners mempekerjakan 4.000 karyawan. Perusahaan ini merupakan hasil merger 7 perusahaan pengemasan botol di Spanyol oleh Coca-Cola.


(ang/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!