Besok, Tol Cipularang yang Ambles Kembali Dibuka

Jakarta -Jalan tol Cipularang arah Bandung di Km 72+100 ditutup sementara karena ambles. Jalan ini akan kembali dibuka besok, Sabtu (24/1/2014) pagi, hanya untuk golongan I.

Direktur Operasi PT Jasa Marga Tbk Hasanudin mengatakan jalan ambles tersebut disebabkan karena penurunan tanah hingga 30-40 cm. Saat ini Jasa Marga tengah melakukan perbaikan.


"Itu sedang kita lakukan perbaikan. Kita prediksi besok pagi sudah bisa dilewati untuk golongan I saja," kata Hasanudin kepada detikFinance, Jumat (24/1/2014).


Sedangkan untuk golongan II dan seterusnya bisa melewati ruas jalan tol ini minggu depan. Jasa Marga menargetkan pada hari Rabu minggu depan perbaikan permanen sudah rampung dilakukan dan jalan tol bisa beroperasi dengan normal.


"Seluruh golongan nanti sekitar 4-5 hari lagi, sekarang sedang kita datangkan tiang pancang, minggu baru dipasang," katanya.


Dengan ditutupnya ruas tersebut, lalu lintas kendaraan yang menuju Bandung dialihkan ke gerbang tol Cikopo dan keluar di gerbang tol Sadang.


Kerusakan tak hanya terjadi di jalan tol Cipularang saja. Beberapa ruas seperti di jalan tol JORR, dana lainnya juga mengalami kerusakan akibat curah hujan yang tinggi dan genangan air. Hasanudin mengklaim Jasa Marga telah menyelesaikan 80%.


"20% lagi butuh waktu penyelesaian hingga 1 minggu," jelasnya.


Hasan belum bisa menghitung berapa kerugian yang dialami perusahaan atas kerusakan jalan-jalan tol ini. "Kita sedang fokus dalam perbaikan dulu," tutupnya.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!