Omzet Perusahaan Orang Terkaya di Dunia Ini Tembus Rekor Rp 250 Triliun

San Francisco -Perusahaan milik orang terkaya di dunia Bill Gates, Microsoft, mencetak rekor omzet tertinggi US$ 24,5 miliar (Rp 250 triliun) di triwulan terakhir 2013. Labanya mencapai US$ 6,56 miliar (sekitar Rp 7 triliun).

Laba dan omzetnya ini melonjak berkat tingginya penjualan Xbox, komputer tablet Surface dan layanan "cloud" di internet.


"Segmen komersial kami terus melampaui penjualan di pasar, begitu juga dengan segmen perangkat digital dan konsumer berhasil melalui musim liburan dengan baik," kata CEO Steve Ballmer seperti dikutip AFP, Jumat (24/1/2014).


Saham perusahaan milik Bill Gates ini pun melonjak tiga persen ke US$ 37,37 per lembar pada penutupan perdagangan kemarin setelah laporan kinerja perusahaan diumumkan.


"Omzet kami berhasil cetak rekor ini menunjukkan permintaan masih tinggi, terutama di segmen perangkat digital dan konsumer," ujar Direktur Keuangan Microsoft Amy Hood.


Penjualan komputer tablet Surface sudah melonjak dua kali lipat dari triwulan sebelumnya sehingga menembus US$ 893 juta. Microsoft juga sudah menjual 7,4 juta Xbox, sebanyak 3,9 juta diantaranya adalah seri terbarunya, yaitu Xbox One.


Tak semua divisi Microsoft omzetnya naik. Penjualan software Windows justru malah turun tiga persen, sejalan dengan mulai berkurangnya penjualan personal computer (PC) di seluruh dunia.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!