Bantu Nelayan Korban Banjir, Orang Terkaya RI Ini Rogoh Kocek Rp 100 Miliar

Jakarta -Pengusaha nasional Tahir bertemu dengan Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sharif C Sutardjo di kantornya. Pemilik Mayapada Group itu berniat memberikan bantuan kepada nelayan korban banjir Rp 100 miliar melalui Tahir Foundation.

"Mengambil bagian dalam sumbangsih kami dengan nelayan dan petambak. Tidak hanya yang terkena musibah tetapi kita punya rencana jangka menengah bagi mereka. Kita punya Rp 100 miliar yang terbagi menjadi Rp 20 miliar/tahun untuk mengurangi beban nelayan dan petambak kita," ungkap Tahir saat MoU kesepakatan kerjasama di Gedung KKP, Jumat (22/02/2014).


Bantuan ini nantinya digunakan untuk bagi para nelayan atau petambak yang terkena musibah banjir di kawasan Pantura Pulau Jawa dan atau wilayah lainnya. KKP akan membantu dalam pendataan dan rekomendasi penerima bantuan. Selain itu mendampingi Tahir Foundation untuk menyalurkan bantuan modal kerja yang akan dilakukan 5 tahun.


"KKP akan mendampingi beruba pemberian data dan bagi kita beban kita bisa menyalurkan langsung ke petambak itu. Semoga uang ini bisa mengurangi beban petambak/nelayan kita. Ini adalah suatu kesempatan," imbuhnya.


Sementara itu, Sharif mengatakan bangga atas inisiatif Tahir. Sharif sudah mengenal dekat sosok Tahir yang dermawan dan suka membantu sesama.


"Saya kenal dekat dengan Pak Tahir dan saya sedikit memaksa dan dia sedikit sukarela datang ke sini. Beliau melihat ini adalah usaha yang dapat membantu sosial dan mensejahterakan masyarakat kita. Yang penting niat bukan besarannya. Yang dilakukan Tahir ini adalah kesetiakawanan sosial para nelayan dan budidaya dan pengolah usaha kecil kena dampaknya bencana alam," jelasnya.


(wij/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!