Begini Caranya Ajarkan Anak Supaya Mau Menabung

Jakarta -Kebiasaan menabung adalah kebiasaan baik yang harus diajarkan kepada anak dengan usia sedini mungkin. Vice President Consumer Business Group Head CIMB Niaga, Sukiwan memberikan tips untuk mengajarkan anak menabung.

Menurut Sukiwan, untuk mengajarkan anak menabung harus ada edukasi terus-menerus. Caranya adalah dengan memberikan penjelasan kepada anak bahwa menabung itu menyenangkan selain itu dengan menabung maka akan mendapat banyak keuntungan.


"Cara yang paling efektif adalah harus dilihat benefit yang dia dapat ketika dia menabung. Contohnya kalau anak itu dibiasakan menabung ke bank atau kemana aja ada saatnya tertentu mereka mendapatkan sesuatu, karena uang itu tidak berharga buat mereka," katanya saat ditemui di acara Festival Fantasi Junior, Ciputra World, Jakarta (22/2/2014).


Dalam mengajarkan anak menabung, menurut Sukiwan, yang paling penting bukan jumlah tabungan yang terkumpul, namun ajarkan bahwa dengan menabung maka kita bisa mendapatkan sesuatu yang diinginkan.


"Uang itu tidak ada artinya buat mereka saat ini. Yang mereka mengerti saat ini uang ini bisa untuk membeli hadiah yang dia inginkan terlepas cukup atau tidak itu masalah belakang," imbuh sukiwan.


Lebih lanjut, Sukiwan mengatakan bahwa untuk menabung itu bisa diajarkan dari anak dengan usia 3 tahun. Karena pada usia tersebut anak sudah mulai mengerti tentang angka.


"Menabung itu bisa dimulai dari umur 3, di mana di umur 3 itu secara nalar anak-anak sudah mengerti tentang angka, hanya nabungnya itu nggak harus ke bank. Yang penting adalah mengajarkan mereka sesuatu yang disimpan itu akan baik untuk dia," pungkasnya.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!