Menteri PPN/Bappenas Akui RI Sudah Banyak Ikut Organisasi Internasional

Jakarta -Menteri PPN/Bappenas Armida Alisjahbana pekan lalu mengunjungi Nigeria terkait Steering Committee - Global Partnership for Effective Cooperation. Forum ini bagian dari sekian banyak kegiatan internasional yang diikuti oleh Indonesia.

Dalam agenda ini Armida bertemu pemerintah Nigeria dalam pembahasan kelompok negara baru bernama MINT economies. MINT adalah Meksiko, Indonesia, Nigeria, dan Turki. Kelompok ini dicetuskan oleh ekonom dunia James Jim O'Neill yang terkenal dengan BRICS (Brasil, Rusia,India, China, Afrika Selatan).


"Jadi saat saya di Nigeria itu ada namanya MINT. Ini nama kelompok baru negara dengan ekonomi berdasarkan potensi populasi sumber daya dan geografi. Nah saya membicarakan hal itu," ungkap Armida saat berbincang dengan media di kantornya, Jakarta, Jumat (21/2/2014)


Ia menuturkan MINT adalah kelompok negara ekonomi setelah BRICS. Diharapkan ke depan bisa menjadi sebesar BRICS. Namun Armida mengaku perlu mendapatkan informasi lebih lanjut dari kelompok ini.


"Saya sampaikan kalau berempat ini mendengar kan dulu. Coba dengar kan apa yang dimaksud MINT ini," sebutnya.


Armida mengatakan Indonesia sudah terlalu banyak ikut dalam kegiatan organisasi Internasional. Mulai dari G20, APEC hingga WEF. Menurutnya, jika memang menguntungkan maka tidak ada salahnya kelompok ini dicetuskan.


"Apakah berempat ini kalau kemudian berkoordinasi ada tidak suatu keuntungan atau nilai tambah. Jangan sampai hanya sekedar menambah pertemuan internasional yang harus dihadiri. Indonesia sudah ada G20, APEC," jelas Armida


Pertemuan selanjutnya akan dilakukan pada April 2014 di Meksiko dalam Steering Committee of Global Partnership fo Effective Development Cooperation.


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!