BI: Utang Pemerintah Tahun 2013 Turun Jadi US$ 114 Miliar

Jakarta -Posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Desember 2013 secara nominal mencapai US$ 264,1 miliar atau tumbuh 4,6% secara tahunan atau year on year (yoy).

Namun, jika dibandingkan dengan pertumbuhan tahun sebelumnya, utang luar negeri Indonesia melambat. Tahun lalu, pertumbuhan ULN Indonesia mencapai 12% secara yoy.


Direktur Eksekutif Departemen Statistik Bank Indonesia Hendy Sulistiowaty menyebutkan, perlambatan utang luar negeri disumbang oleh utang sektor publik yang terkoreksi sebesar 2% secara year on year dari US$ 116,8 miliar di tahun 2012 menjadi sekitar US$ 114 miliar di tahun 2013.


"Utang pemerintah turun karena kita lebih banyak membayar kewajiban daripada ngutang," ujar Hendy dalam acara BI Bareng Media, di Gedung BI, Thamrin, Jakarta, Kamis (20/2/2014).


Dia menjelaskan, ULN sektor publik jangka panjang berupa pinjaman bilateral, multilateral, dan fasilitas kredit ekspor serta obligasi pemerintah.


Sementara jangka pendek berupa surat utang jangka pendek SPN dan SBI dan kewajiban lainnya.


Sementara di sektor swasta mengalami peningkatan pertumbuhan 11,3% secara yoy dari 6,3% secara yoy dan 18,3% secara yoy di tahun sebelumnya.Next


(drk/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!