Ruas Tol Jasa Marga Bertambah 50 Km Tahun Ini

Jakarta -BUMN operator dan investor jalan tol, PT Jasa Marga (Persro) Tbk menargetkan akan mengoperasikan 6 ruas tol baru di 2014. Secara total panjang, Jasa Marga akan mengoperasikan 50 Km jalan tol baru.

Direktur Keuangan PT Jasa Marga Reynaldi Hermansjah mengatakan ruas tol baru tahun ini naik cukup signifikan dibanding tahun 2013 lalu, perseroan hanya mengoperasikan 15 Km tol baru.


"Secara total kalau tahun lalu 15 Km, tahun ini kita tambah sekitar hampir 50 Km," kata Reynaldi saat berbincang dengan media di Kantor Pusat Jasa Marga, Taman Mini, Jakarta, Kamis (20/2/2014).


Keenam ruas tol tersebut adalah JORR W2 utara Ruas Kebon Jeruk-Ulujami (2 Km), Bogor Ring Road Ruas Kedunghalang-Kedungbadak (2,1 Km), Semarang-Solo Ruas Ungaran-Bawen (12,3 Km), Gempol-Pandaan (12 Km), Gempol-Rembang (13,9 Km), dan Porong-Gempol Ruas Kejapanaan-Gempol (4 Km).


"Di semester pertama seksi 2A Bogor Ring Road sama Ungaran-Bawen, antara Maret-April (2014)," kata Reynaldi.


Selain itu, Jasa Marga pun tengah mengikuti tender untuk pembangunan ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dengan beberapa investor lain.


"Dan kita mau melihat ruas baru yang bersifat private initiative, tapi ini tahap awal sekali. Belum bisa kita sebutkan," tambah Reynaldi.


Pada tahun 2013 lalu, lintas harian rata-rata yang melintas di tol milik Jasa Marga dan anak perusahaan mencapai 1,2 miliar kendaraan dengan kontribusi anak perusahaan sekitar 33 juta kendaraan.


"Pada 2014 anak perusahaan akan memberikan kontribusi 89 juta kendaraan dengan target 1,368 miliar kendaraan," tutup Reynaldi.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!