Kunci Sukses Berbisnis ala JK

Jakarta -Wakil Presiden (2004-2009) M Jusuf Kalla mengatakan bahwa kunci kesuksesannya dalam berbisnis adalah selalu taat membayar pajak dan zakat.

Hal ini disampaikannya dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pondok Pesantren Muhammadiyah "Penguatan Manajemen, Ekonomi dan UMKM Pondok Pesantren Muhammadiyah" di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah, Yogyakarta, Sabtu (22/02/14), seperti dikutip dari siaran pers.


"Kalau mau sukses bisnis harus menunaikan zakat dan taat pajak," ujar Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini.


JK mengungkapkan, mengeluarkan zakat dan taat pajak merupakan ajaran langsung dari ayahnya, Haji Kalla. Menurutnya, Haji Kalla hampir setiap bulan menanyakan kepadanya apakah ia sudah mengeluarkan zakat dan membayar pajak.


"Ayah saya yang mengajarkan itu, saya dulu selalu ditanyakan apa sudah tunaikan zakat dan bayar pajak," ujar JK yang disambut tepuk tangan peserta.


JK juga menuturkan bahwa berbisnis tidak cukup dengan mempelajarinya di bangku perkuliahan, menghadiri seminar atau belajar dari buku saja, tapi harus praktik dan terus menerus mencoba.


JK mengibaratkan belajar bisnis itu seperti orang belajar berenang. Sepintar apa pun mempelajarinya teorinya tapi kalau tidak praktik langsung berenang di air pasti selalu gagal.Next


(ang/wij)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!