Penuhi Kebutuhan Daging Nasional, BUMN Ini Gemukan 30.000 Sapi

Jakarta -Dalam rangka memasok kebutuhan daging nasional, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) peternakan PT Berdikari (Persero) akan menggemukan 30.000 sapi yang dipelihara di Jawa Barat dan Banten tahun ini.

Demikian diungkapkan Direktur Utama PT Berdikari United Livestock (BULS) Ria kusumaningrum saat menerima kunjungan kerja Presiden SBY yang didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II di Sidrap Sulawesi Selatan, Sabtu (22/2/2014).


"Tahun ini kami akan gemukan 30.000 sapi untuk memenuhi kebutuhan daging nasional," kata Ria dalam siaran persnya.


BULS yang merupakan anak perusahaan Berdikari juga menyatakan akan terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan daging nasional, dan sudah melakukan suplai kebutuhan bibit sapi ke berbagai Provinsi seperti Maluku Utara, Papua Barat, Kalimantan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, DKI Jakarta dan Jawa Barat.


Saat ini BULS telah memiliki peternakan di lahan seluas 6.623 hektar di Sidrap, yang merupakan peternakan terintegrasi meliputi kegiatan peternakan dan pertanaman. Direncanakan tahun ini BULS akan menambah jumlah indukan sapi sebanyak 5.000 ekor dan penggemukan sebanyak 9.000 ekor.


“Kami akan terus menambah jumlah indukan sapi, karena kami telah berkomitmen untuk membangun industri peternakan, dan memasok kebutuhan daging nasional,” imbuhnya.


Ria menjelaskan, dalam menjalankan industrinya BULS menerapkan teknologi Inseminasi Buatan (IB) dan Embrio Transfer (ET), untuk mendapatkan sapi berkualitas tinggi.


“Kegiatan pertanaman yang dilakukan di Sidrap antara lain meliputi jagung, sorgum dan singkong, selain itu di tempat itu juga dilakukan intregrasi dengan kegiatan agro forestry,” katanya.


Peternakan BULS ini diharapkan bisa diandalkan untuk menjadi sumber bibit sapi berkualitas tinggi, yang bisa mensupport percepatan swasembada daging sapi dengan menyediakan bibit-bibit dan bakalan sapi untuk kawasan Indonesia Timur serta untuk membantu penyediaan sapi di Pulau Jawa.


Peternakan BULS yang terletak di Desa Bila Pituriase merupakan salah satu peternakan dengan lahan terluas dan infrastruktur terlengkap. Ranch tersebut juga memiliki program integrated dengan tanaman pangan, disamping beberapa ranch yang dimiliki oleh pemerintah sepreti padang Padang Mangatas, Batu Raden, NTT dan NTB.


(wij/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!