Indonesia akan Impor Apel Termahal di Dunia dari Jepang

Jakarta -Setelah buah apel China, Amerika Serikat, Selandia Baru dan Australia mengisi pasar buah Indonesia, tahun depan produk sejenis dari Jepang juga akan masuk pasar Indonesia. Jepang akan mengekspor apel Aomori yang diklaim sebagai apel termahal di dunia.

"Apel dari Jepang Aomori ini memang belum masuk ke Indonesia. Mau masuk mungkin tahun depan," ungkap Ketua Asosiasi Eksportir-Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia Khafid Sirotuddin kepada detikFinance, Senin (24/02/2014).


Apel Aomori dianggap sebagai apel termahal di dunia. Harga Apel Aomori di tingkat ritel Jepang sebesar Rp 150.000/Kg. Pasar terbesar ekspor apel ini ke Amerika Serikat.


"Harganya di atas Rp 150.000/kg. Pasar paling besar apel ini ke Amerika Serikat," imbuhnya.


Ia pun cukup kagum dengan apel jenis Aomori ini. Apel ini diproduksi dengan menggunakan teknik penanaman hingga pengemasan modern di Jepang. Melihat harganya yang cukup mahal, tampaknya buah apel Aomori ini hanya akan masuk ke pasar ritel modern tidak ke pasar tradisional di Indonesia.


"Jadi misalnya apel Aomori ini dari Gunung Fuji. Itu produk mahal paling di dunia karena kualitasnya sangat luar biasa. Di kebun bagaimana petani mengelola perkebunan apel dan petani Jepang sangat memuliakan tanaman. Kualitasnya bagus dan pakai alumunium foil di bawah tanah sehingga merah buahnya merata. Semua terjaga mulai dari on farm-nya mulai dari bibit, pemberian pestisida hingga cara memetik dan packaging. Ini hanya akan masuk ke pasar ritel saja," jelasnya.


Ironisnya, kini para petani apel lokal di Kota Batu Malang menjerit karena serbuan apel impor khususnya dari China. Disaat bersamaan luas lahan apel di Kota Batu kian menyusut hingga 70%, kini hanya 2.000 hektar.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!