Jadi Direktur Merpati, Andika Monoarfa Tidak Dapat Gaji

Jakarta -PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) baru saja punya direktur baru. Andika Monoarfa sudah diangkat menjadi Direktur Niaga maskapai pelat merah tersebut.

Direktur Utama Merpati Capt Asep Ekanugraha mengatakan, pengangkatan Andika yang kabarnya selama ini berprofesi sebagai manajer artis itu tidak perlu izin dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.


"Saya menunjuk dia dengan jabatan setara dengan associate director, bukan BoD (Board of Director), dan dia bekerja tanpa dibayar," kata Asep dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/3/2014).


Menurut Asep, Andika bukan orang baru di dunia aviasi. Sosok Andika yang masih muda juga diperlukan oleh Merpati untuk menangani sisi komersial yang selama ini kurang menonjol.


"Andhika bukan orang baru di dunia aviasi. Andika dianggap sebagai figur muda yang tepat untuk menangani kinerja komersial Merpati di kondisi krisis karena jejak rekamnya yang telah terbukti di industri aviasi," ujar Asep.


Berdasarkan obrolan para pegawai Merpati di kantor pusat Merpati Kemayoran, Andika Monoarfa dikabarkan merupakan putra dari Mantan Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa. Andika kabarnya hanya punya pengalaman di bisnis manajemen artis.


Nama Suharso Monoarfa dalam dunia industri penerbangan mencuat ketika insiden kecelakaan pesawat Sukhoi 2 tahun lalu. Suharso lolos dari maut saat batal naik pesawat Sukhoi. Ia sempat mengungkapkan membeli dalam jumlah banyak pesawat Sukhoi buatan Rusia untuk merambah bisnis penerbangan.


Seperti diketahui, sejumlah pegawai Merpati kaget anak muda bernama Andika Monoarfa bisa menjabat sebagai Direktur Niaga maskapai BUMN tersebut. Hal ini terungkap ketika ratusan pegawai yang tergabung dalam serikat pekerja Merpati mendatangi kantor pusat maskapai itu.


"Kok tiba-tiba dia (Andika) sudah menjadi direktur saja? Saya bingung sama Capt. Asep (Direktur Utama Merpati)," ujar Dicky seorang pilot senior Merpati di kantor pusat Merpati, Kompleks Gedung Basarnas, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2014).


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!