Kuburan Mewah Bebas Biaya Tahunan, Preman, dan Banjir

Jakarta -Bisnis pemakaman di pinggiran DKI Jakarta cukup marak beberapa tahun belakangan. Hal ini disebabkan tidak beresnya Taman Pemakaman Umum (TPU) di DKI Jakarta yang banyak masalah.

Seorang Marketing di pemakaman mewah San Diego Hills, Erizar Nurdin mengungkapkan urusan harga boleh jadi berbeda cukup jauh dengan TPU biasa. Harga kavling pemakaman di San Diego Hills bervariasi, mulai dari belasan juta hingga ratusan juta rupiah.


"Paling murah itu Rp 12 juta, untuk single. Ada yang Rp 10 juta per meter," tambah Erizar.


Meski demikian, menurutnya harga tersesbut termasuk murah. Pasalnya setelah membeli tanah pemakaman di San Diego Hills, keluarga yang bersangkutan tidak dibebankan biaya perawatan atau biaya lainnya.


"Nggak dibebanin biaya bulanan atau tahunan. Kalau di TPU itu tahunan bisa Rp 1,5 juta. Kalau di San Diego itu sekali beli saja," katanya.


Kemudian, di pemakaman yang berlokasi di Karawang tersebut tidak ada pungutan liar bahkan preman-preman yang justru membuat takut pengunjung.


"Jadi lebih baik bayar mahal sekarang. Kita juga nggak ada pungutan lain, kadang ada preman kalau makam biasa di sini nggak ada, aman," katanya.


Selain itu, musim hujan yang belakangan terus mengguyur kawasan Jakarta dan sekitarnya menimbulkan sejumlah titik genangan, termasuk di tanah pemakaman. Hal ini membuat tanah kuburan di pinggir Jakarta semakin laku.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!