PU Bangun Bendungan di Belitung Timur Senilai Rp 135 Miliar

Jakarta -Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mulai membangun satu infrastruktur sumber daya air, Bendung Pice, di Belitung Timur. Bendungan ini dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terakit sumber daya air.

Direktorat Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII melaksanakan groundbreaking pembangunan bendung tersebut pada (28/2/2014)


"Pembangunan Bendungan Pice Baru Daerah Irigasi Selingsing dimaksudkan untuk melakukan pembangunan Bendung Pice Baru, karena yang lama sudah berumur 80 tahun. Bendung Pice Baru nantinya akan dilengkapi dengan dua spillway tanpa pintu dengan Elevasi Crest dan enam spillway dengan pintu air elektrik," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya Air Moh. Hasan dikutip dari sutus Kementerian Pekerjaan Umum, Minggu (2/3/2014).


Lokasi Bendung Pice Baru berada di Sungai Lenggang di Desa Lenggang Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Biaya pelaksanaan pembangunan Bendung Pice Baru sebesar Rp 135 miliar dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pembangunan bendung ini akan dilaksanakan selama tiga tahun anggaran.


Lebar Bendung Pice Baru diperkirakan sekitar 79 m yang di desain sesuai dengan lebar rata-rata Sungai Lenggang. Volume daya tampung air adalah 77 juta m3 dengan Elevasi Muka Air tertinggi +5.0 m, sedangkan Debit Air yang dilepas ke arah hilir Sungai Lenggang adalah sekitar 294 m3/detik.


Kepala BBWS Sumatera VIII, Bistok Simanjuntak berharap dengan dibangunnya Bendung Pice Baru dapat mendukung penyediaan air irigasi dan air baku di Kecamatan Gantung, Belitung Timur.


Sementara itu, Gubernur Bangka Belitung Rustam Efendi mengatakan bila Bendung Pice Baru sudah rampung, tentunya dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar karena nantinya lokasi Bendung Pice Baru bisa dimanfaatkan sebagai lokasi wisata lokal.


Sedangkan Basuri Tjahaja Purnama selaku Bupati Belitung Timur mengatakan ada beberapa hal yang ingin dicapai salah satunya adalah swasembada pangan untuk Belitung Timur. Diharapkan dengan dibangunnya Bendung Pice Baru dapat tercapai swasembada pangan dan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan adanya sumber daya air.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!