Hati-hati Pengguna iPhone, Data Rahasia Perbankan Anda Bisa Bocor

Jakarta -Jika Anda pengguna iPhone dan belum meng-update versi IOS anda ke versi yang terbaru, hati-hati. Informasi pribadi dan mungkin data finansial and dalam bahaya.

Meski Apple telah melakukan perbaikan untuk kerusakan pada sistem keamanan di sistem operasi OS X pada iPhone, iPad, dan iPod, minggu lalu, banyak pengguna yang belum mengunduh pembaharuan sistem operasi itu pada perangkatnya, dan tetap rentan akan bahaya. Demikian diungkapkan oleh co-founder dan CEO Level, aplikasi finansial pribadi pada iOS dan Android, Jake Fuentes.


Katanya, hanya 20 persen dari total pengguna Level telah memperbaharui sistem operasi perangkatnya dengan versi yang paling baru.


Kerusakan itu adalah ancaman bagi mereka yang menggunakan perangkatnya untuk melakukan transaksi perbankan. Karena memungkinkan informasi terenkripsi untuk digesek ketika sedang dikirim ke server. Data dapat dicegat jika Anda, misalnya, memeriksa aplikasi perbankan itu dengan akses ke informasi yang sensitif.


"Kita berada dalam situasi di mana kita cukup banyak dikenal dan mudah dieksploitasi karena kerentanan keamanan," kata Fuentes dikutip dari CNBC, Minggu (2/3/2014). "Kami tidak tahu berapa banyak yang sedang diakses, namun data seperti informasi kontak Anda, password perbankan dan banyak hal lain yang orang-orang pikir itu aman, (ternyata) tidak," imbuhnya.


Meskipun masalah keamanan ini sudah akan berakhir, pengembang aplikasi prihatin karena apa pun yang dikomunikasikan melalui produk mereka dalam bahaya, menurut Subu Ramanathan, konsultan utama di Security Compass.


Satu-satunya cara unutk memperbaiki ini adalah dengan meng-install security patch, yang dirilis Apple, 21 Februari 2014 lalu.Next


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!