Tak Mau Tertipu Investasi Bodong, Ini Caranya

Serang -Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan kampanye keliling daerah untuk memberikan edukasi ke masyarakat soal produk investasi jasa keuangan. Masyarakat harus melakukan pengecekan setiap ingin melakukan investasi.

Deputi Direktur Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Lasmaida S. Gultom mengatakan, selama ini masyarakat masih malu, ketakutan, dan sungkan untuk menanyakan secara detil tentang produk investasi jasa keuangan. Padahal, masyarakat bisa mengecek secara langsung lewat situs OJK.


"Masyarakat lebih banyak enggak enak apalagi kalau yang menawarkan MLM atau investasi itu saudaranya sendiri. Padahal bisa langsung cek di website resmi kami www.ojk.go.id untuk memeriksa apakah produk saja keuangan mereka terdaftar secara resmi atau tidak," jelas Lasmaida saat menggelar acara edukasi produk jas keuangan di rumah makan kawasan Jalan Soedirman Ciceri, Kota Serang Banten, Kamis (27/2/2014).


Wanita yang akrab disapa Ida ini menyampaikan, masyarakat harus berani bertanya atau melaporkan bila ada kasus yang dihadapinya tentang jasa industri keuangan kepada Finansial Customer Care (FCC) di nomor telepon 0254-500655 untuk Banten dengan pulsa lokal.


Pada kesempatan itu, Ida mengungkapkan harapannya kepada seluruh industri keuangan untuk memberikan edukasi bukan hanya sekedar menjual produk jasa keuangan.


"Saya berharap kepada seluruh industri keuangan memberikan edukasi bukan hanya sekedar marketing atau menjual produk jasa mereka saja. Informasikan juga secara lengkap kepada konsumen tentang risikonya," tuturnya.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!