Ini 3 Masalah Utama Double Track Jakarta-Surabaya

Surabaya -Ada tiga kendala yang dihadapi di pembangunan proyek jalur ganda kereta api Jakarta-Surabaya. Meski demikian, Kementerian Perhubungan menargetkan sekitar April 2014 bisa beroperasi.

"Progress double track yang ada di seluruh ruas utara sekitar 97,3%. Artinya Pekalongan-Semarang, Semarang-Bojonegoro, Bojonegoro-Surabaya," ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono kepada wartawan di sela-sela kunjungannya di Terminal Teluk Lamong, PT Pelindo III Surabaya, Jumat (28/2/2014).


Ia menerangkan, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam pembangunan jalur ganda kereta api sepanjang 727 kilometer yakni, di Semarang, Bojonegoro dan Surabaya.


Katanya, tiga titik yang paling krusial yakni pertama, mendekati Kota Semarang, karena baru selesai persoalan dasar hukum tentang tanah negara.


"Hambatannya adalah tanah negara. Apakah seseorang menempati tanah negara selama 20 tahun ke atas bisa diganti atau tidak. Setelah ada opini dari BPN bahwa itu bisa diganti, diperkirakan akan bisa diselesaikan," ujarnya.


Kedua, yang berada di dekat Bojonegoro. "Karena ada jembatan kemudian ada dua sisi yakni barat dan timur, kalau tidak salah di sisi timur sudah selesai. Sedangkan yang di barat masih ada proses pembebasan lahan," terangnya.


Ketiga, permasalahan di Tandes, Surabaya. Bambang mengatakan, persoalan di Tandes yakni menggantikan jalan lingkungan yang berada di sisi kiri dan kana rel yang perlu diganti.


"Nah, mungkin Jakarta-Surabaya mulai April bisa dioperasikan. Kalau nggak mungkin, ya bisa sampai (Stasiun) Kandangan-Surabaya," jelasnya.


Menurutnya, jalur ganda kereta ini akan menguntukan PT KAI, terutama untuk angkutan barang atau logistik.


"Justru logistik adalah bisnis yang paling menguntungkan buat PT KAI, bukan (angkutan) penumpang loh. Kalau penumpang tarifnya kan masih diatur. Jadi kita ingin April bisa tuntas," tandasnya.


(roi/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!